Search This Blog

Jumaat, 1 Mac 2019

Siapa sangka......stok bibit durian unggul dimana-mana HABIS!! Yang terjadi akhirnya pohon durian bongkaran besar jadi alternatif pengganti bibit durian tadi! Namun GRADE ini pun makin lama makin susut! Bener-bener antusian menanam bibit durian yang TAK TERKENDALI. Rada MIRIS juga sich. Bisakah pasar nanti menyerap produksi buah durian yang secara besar-besaran tahun ini rame-rame ditanam bibit durian top di seluruh pelosok negeri!! Siapkah pasar kita... Jawabannya sebetulnya sudah terjawab dari dulu....sepanjang yang ditanam adalah bibit durian super alias bibit durian unggul klas dunia maka pasar tidak akan jenuh atau overload. Durian enak tetep dicari dan DIPEREBUTKAN!! Apalagi SKANDAL durian Musangking di negara jiran kita membuat kita terperanjat KAGET nggak habis PIKIR. Bagaimana mungkin kebun durian Musangking dan Ochee yang makin luas namun lucunya harga kedua durian tersebut masih tinggi di pasaran!!! Bahkan kayak lenyap di pasaran. Ada apa?? Siape ni nak main-main, Pak Cik? Ternyata lebih disebabkan oleh pasar durian yang makin LUAS. Terbentuk pasar-pasar baru buah durian di luar negeri. Mungkin banyaknya acara durian challenge atau pemasaran buah durian Thailand lewat on line di Alibaba.com kemarin yang viral!!
Coba baca beritanya ini yang saya kutip dari Okefinance 20 April 2018:

Pemilik Perusahaan E-Commerce terbesar asal China, Jack Ma, lagi-lagi mengejutkan banyak kalangan di Thailand. Hal ini dikarenakan dalam satu menit ia berhasil menjual 80.000 durian di laman daringnya, T-mall.
Menteri Perdagangan Thailand, dalam suatu upacara penandatanganan pada Kamis, menghadiahkan pendiri perusahaan daring Alibaba itu sebuah "bantal emas", yaitu jenis durian paling terkenal dari kerajaan tersebut.
Betul-betul pasar yang sedemikian besar bagi produsen durian sekelas Thailand. Dan para pekebun durian di Malaysiapun ikut-ikutan lebih memilih duriannya diexpor daripada dijual di pasaran dalam negeri, jelas lebih menguntungkan! Benua Australia mampu menyerap durian-durian Musangking yang top markotop tersebut. Tapi itu nggak seberapa.....yang membuat kita garuk-garuk kepala adalah orang orang kaya baru di China yang jumlahnya makin mbludak, tumbuh bak jamur dan butuh buah seger (kayak OKB) seperti durian yang nikmat banget itu. Jumlah riilnya tercatat sampai 300 juta orang. Sebuah kue pangsa pasar yang sangat besar membuat lidah pekebun meneteskan liurnya. Heeehee....soalnya kaum jet set baru ini brani membeli dengan harga selangit! Bisakah Anda membayangkan seberapa kemampuan populasi orang China yang Milyaran itu menyerap durian super seperti durian Musangking dan durian Ochee duri hitam (black thorn)??? Hadewww...ngiler tenan, bok!!! Bener-bener skandal, bisa-bisa kita kesulitan makan durian Musangking ni!!! Wkkkwkk.... Jadi ayo tetep tanam bibit durian...jangan kuatir! Lucunya kasus durian Malaysia malah bisa jadi motivasi kita untuk terus menanam bibit durian top!! Tinggal kita siapkan upaya ekspornya. Perlu keterlibatan aktif dari pemerintahan kita, maukah mereka ikut cawe-cawe dalam hal ini?? Kita tunggu!!

Rabu, 27 Februari 2019

Banyak durian lokal kita yang bikin penasaran rasanya, apalagi cuma dapat rasa dari cerita teman-teman...hehhhe. Nah durian yang satu ini adalah durian yang sudah saya impikan lama sekali, apalagi asal tempat duriannya yang jauh di Manokwari Papua sono membuat mimpi saya hanyalah mimpi belaka. Tapi saya tetep berusaha mewujudkan mimpi itu dengan menanam bibit durian Pelangi Papua ini di kebun saya. Sabar! Untungnya punya pak Tubun seorang senior pembibitan sudah berbuah dan saya berekempatan menikmatinya lebih cepat dan bisa bercerita kepada Anda!

Pernah suatu ketika saya memburu durian-durian nikmat di hutan durian Brongkol - Ambarawa. Betapa terkejutnya saya ketika dalam perburuan tersebut menemukan satu pohon durian yang punya buah dengan rasa yang berbeda beda. Aneh, ini sebuah penemuan besar pikir saya waktu itu....dan sebagai pembibit yang terbayang adalah jutaan bibit durian yang siap diproduksi dari indukkan durian yang yahud tersebut. Namun, harapan itu jatuh terjerebab, sakittt!! Saya melihat kenyataan di bawah pohon tersebut penuh dengan kemenyan yang menumpuk bak bukit.....hawa mistis terasa banget. Hanya 2 hal yang bikin saya ragu-ragu menjadikan pembatalan indukkan tersebut yaitu kita bisa memperbanyak pohon durian ajaib itu lewat bibit-bibit durian yang kita produksi tapi tidak untuk syiriknya!
Kita juga bisa memupuk dengan pupuk biasa bukan kemenyan....wkkkwkkk

Nah, yang terjadi kemudian saya menemukan berbagai rasa NIKMAT dalam satu butir durian....luar biasa!! Dan itu hanya ada pada DURIAN PELANGI MANOKWARI! Rasa pahit, manis, mentega silih berganti dominasinya. Bikin kita bingung......durian kok enak begini dengan sejuta rasa nikmatnya!! Saluuttt!!
Apalagi warna daging durian pelangi memiliki tingat degradasi yang tinggi artinya merupakan durian terindah di dunia menurut pak Aritides jugak.
Bukan cuma warnanya yang pelangi tapi juga PELANGI RASANYA!!

Ini adalah rasa durian "dahsyat" Pelangi Manokwari yang harus kita buka lebar-lebar. Dan itu membuktikan ucapan seorang maniak durian sekaligus pemburu durian terkenal berkelas dunia yaitu pak Karim Aristides yang bilang rasa durian Pelangi yang ditemukan di Papua ini merupakan durian terenak di nusantara, dengan degradasi warna yang indah pada daging buahnya yang menyerupai pelangi. Tak aneh bila durian yang dikenal sebagai "durian Hantu" ini pun di video ini punya rasa yang berbeda-beda seperti warnanya. Sejuta rasa pokoknya!!

Durian Pelangi ini mewah tapi tidak mahal, apalagi dibanding durian J-Queen yang sampai seharga Rp 14 Juta .....durian kok semahal itu ya?

Ayo tanam bibit durian Pelangi Manokwari yang eksotis ini!!! Durian dataran rendah dengan warna yang terindah di dunia!! Berbagai warna, berbagai rasa dan berbagai manfaatnya!!



Bangga bisa menikmati makan durian Pelangi Manukwari di Tanjunganom, Magelang - Jawa Tengah. Saya ucapkan terima kasih kepada pak Tubun pemilik pohon durian Pelangi yang telah memberi kesempatan saya menikmati durian terenak senusantara ini. Apalagi ini adalah buah durian Pelangi dari pohon durian yang berasal dari bibit durian langsung, maksudnya bukan dari top working sehingga rasanya memang terasa murni atau asli. Nyam.....nikmat tenan!!!



Sudah beberapa tahun ini saya menyematkan gelar kepada durian top dalam kurun waktu 1 tahunan versi bibitbuahimpian.com, kalau kemarin durian Kromo nangkring di urutan teratas setelah mengalahkan durian-durian jawara lainnya seperti durian Musangking dan durian Monthong yang dulu selalu nangkring di papan atas durian-durian berkelas. Nah, di tahun 2018 lalu, meski sudah berakhir beberapa bulan yang lalu.....tampaknya durian durian lain tak mampu menyaingi DURIAN DURI HITAM kali ini. Prestasinya hebat luar biasa. Pantas bila gelar DURIAN OF THE YEAR tahun lalu disematkan ke durian super Ochee! Ini lah durian Juara tahun lalu, sekali lagi berdasarakan penilaian versi Bibit Buah Impian . Com, yaitu berdasarkan pengamatan lapangan dan data yang masuk selama tahun 2018....dan sudah lengkap dianalisa di beberapa bulan terakhir ini. Biak penjualan buahnya yang fantastis, penjualan bibit buah durian Ochee dan jumlah pekebun durian black thorn ini yang makin meluas di nusantara ini! Masih ingat film kartun Malaysia serial Upin Ipin yang menempatkan juga durian Duri Hitam atau Black Thorn ini sebagai juara durian di Kampung Durian Runtuh....hehhhee. Nggak usah seriuss rek! Padahal saya tadinya berharap durian Musangking yang bangkit di awal tahun dengan durian-durian BONGKARANnya, namun sayang pasar sudah jenuh dengan penetrasi bibit durian Musangking yang ada di pasaran secara gila-gilaan beberapa tahun ini. Ditambah lagi permasalahan beberapa pemilik kebun Musangking yang tiba-tiba secara brutal dalam penggunaan hormon Paclobutrazol pada pohon durian Musangking yang baru saja berbuah, akibatnya muncul lah durian Musangking KW atau Musangking asli tapi jelek banget. Pasar pun terkaget kaget! Banyangkan: masak ada biji durian Musangking yang gede-gede......bahkan rasanya hampar. Yang bikin miris adalah orang yang baru mau mencicipi durian Musangking, tak sengaja makan durian Musangking KW tersebut. Inikah Musangking itu? Yang katanya manis legit selembut es krim. Pohon durianpun terlihat kurus, rontok daunnya, pucuk nglinting....memelas pisan. Terus terang ini salah satu parameter yang membuat penilaian atas durian Musangking ajlok tersukur tak terselamatkan! Meskipun bulan Desember ini diperkirakan akan ada banjir dari panen durian Musangking. Sedangkan durian Monthong tampaknya sudah tidak masuk lagi penilaian di tahun ini, bahkan jarang para pembibit membikin durian yang pernah lama jadi jawara ini. Masalah ketidaktahanan terhadap hama penyakit dan munculnya banyak durian Monthong made ini Indonesia yang bantat. Akal-akalan di pemupukan menjadi kuncinya. Tahun ini merupakan year of the durian tour bagi saya.....sayang saya kecewa ketika berkunjung ke Kemranjen Banyumas. Untuk permasalahan hak atas durian Kromo atau pun durian Bhinneka Bawor di Kemranjen yang masih otrang-ontrangan membikin saya malas untuk menilai lagi. Ada ketidakjelasan yang disembunyikan oleh kedua belah pihak! Dan pamor bibit duriannya pun rada turun dibanding tahun sebelumnya yang jaya banget. Nah, untuk tahu rahasia jawara tahun lalu yaitu durian DURI HITAM jelas mesti nonton videonya. Dibongkar rahasianya secara tuntas tas! Saya menjelaskan secara detai. Bahkan ada peningkatan yang signifikan terhadap kualitas buahnya. Begitu tebel daging buahnya, begitu kecil bijinya saat dilakukan durian taste test. Tadinya saya mikir durian Ochee bijinya gede-gede seperti ketika makan durian Ochee pertama kali dulu bersama komunitas, ini membalikkan mindset saya pada durian Black Thorn ini! Luar biasa!!! Yang top banget adalah produksinya yang step by step, mesti diacungi jempol tinggi-tinggi....apalagi di usianya yang baru 4 tahun dan untuk pertama kalinya berbuah bisa menghasilkan sampai 20 buah durian Black Thorn (lewat step by stepnya tadi) jelas menunjukkan kelas yang sesungguhnya! Bahkan REKOR terjual Rp 850.000 Per Kilo dan itu masih rebutan!! Woww...... Betul-betul perlu diacungi jempol tinggi-tinggi sebagai bentuk penghargaan kita akan prestasi yang luar biasa ini!!!





TONTON VIDEO BIBIT DURIAN DURI HITAM INI!






Khamis, 15 November 2018



Saya sebenarnya agak ragu-ragu mau menunjukkan hal ajaib ini, apa orang bisa percaya? Malah saya nanti dituduh penyebar hoax....hehhhe....namun ini sebuah KEJUTAN! Teramat spesial untuk tidak ditunjukkan! Bayangkan durian MUSANGKING bisa berbuah di pot! Padahal sebelumnya itu hal yang MUSTAHIL, karena durian termasuk kategori tanaman raksasa yang sulit dibikin tabulampot. Bahkan saya pernah mewawancarai pak Jamal pakar tabulapot d
ari Malvin Jaya dulu yang terkenal sekali dengan tabulampot-tabulampotnya yang indah bingit dan beliau hampir 2 jam menyakinkan saya bahwa tabulampot durian itu hal yang tidak masuk akal. Dan maaf, ternyata beliau keliru. Mindset kita sekarang bener-bener harus berubah, ternyata ada caranya kok....nyok tonton video baru saya ini biar tahu RAHASIA membuahkan durian Musangking dalam pot!!! 

Ahad, 23 September 2018




Anak-anak saya suka sama durian, meski begitu bila saya keliru memilihkan jenisnya.....mereka cuma sedikit mencicipi rasanya dan kemudian kabur. Mereka tak peduli saya yang terbengong-bengong terlanjur bawa banyak durian untuk mereka; trus siapa yang mau memakannya nich?

Sejak itu saya hati-hati memilihkan durian untuk mereka. Biasanya mereka tidak suka dengan durian yang pahit, tipis daging buahnya, warna daging putih pucat (nggak selera), bau menyengat dan krasa kayak banyak alkoholnya. Mereka memilih yang tebel daging buahnya namun lembut, warna kuning/ orange ngejreng dan rasanya maniss legit aja. Biasanya itu terdapat pada durian-durian bangkok! Namun dengan makin mengenalnya durian-durian top dunia yang lain seperti durian Musangking, Duri Hitam dan Bawor. Mereka pun mulai pindah ke lain hati! Dan sepertinya durian Bawor jadi pilihan nomer 1 buat mereka. Kok bisa?

Ternyata durian Bawor punya cita rasa yang khas banget yang tidak dipunyai durian lain. Rasa itu begitu menyeruak di lidah bercapur baur dan meletup-letup di rongga mulut bak kembang api...hehhhe. Kok bisa sich? Bayangkan aja, durian yang satu ini di indukkannya aja punya 26 kaki yang terdiri dari durian-durian unggul nusantara yang berbeda. Ada durian legit Petruk, durian Menoreh kuning, durian Si Kirik...bahkan durian Kumbo Karno yang pahit. Dari kaki-kaki ini lah tercipta rasa NANO-NANO yang spesial dan bikin anak-anak kita happy. Pantesan!!!!

Ahad, 12 Ogos 2018






Terus terang, sudah lama ya saya yaitu sejak saya belajar di Lembaga Pendidikan Perkebunan memperhatikan bahwa tanaman durian itu seperti anak kecil, manjanya minta ampun. Namun itu setara kok dengan hasil buahnya yang NIKMAT banget!!

Jadi kalau pun kita mesti bekerja keras....alias meluangkan banyak waktu untuk perawatan maxi untuk pohon durian kita.....yah wajar aja! Banyarannya memang setara kok......buah denga kelezatan tiada tara!!

Nah, masalahnya adalah kita sibuk banget dan kita tak punya waktu untuk mengurus tanaman durian kita. Payah kan???! Kalau ini terjadi pada saya, maka saya akan mengubah niat saya untuk menanam bibit durian...sebelum semuanya terlambat. Eehhhh sampeyan malah nekad. Tidak, pilihan saya cuma satu: DURIAN. Ohhh yo wis ayo kita bicara lebih serius.

Perlu Anda ketahui bahwa kebanyakan kegagalan kebun durian adalah human error. Percaya lah. Berkali-kali itu terjadi. Masih nggak percaya?
Barusan saya membangun kebun durian yang tidak dirawat sendiri pemiliknya. Sang tuan pemilik kerjanya jauh di luar Jawa. Dia menitipkan pada saudara kandungnya sendiri. Entah lah sejak pengiriman bibit durian sampai proses penanaman yang saya lakukan, tidak sedikit pun sang adik mau berinisiatif untuk bertanya pada saya tentang cara perawatan yang baik atau sekedar membantu/ mengawasi proses penanaman bibit durian. Saya jadi pesimis banget meski saya sudah mencoba memberi tutorial singkat sebelum saya pulang, dan hal yang saya takutkan benar benar terjadi. Hanya selang 1 Minggu, saya dapat laporan bibit durian satu persatu mati. Hadewww.......saya pun mencoba untuk memeriksa dan mencari penyebabnya. Saya tidak kaget ketika tahu penyebabnya......bahwa selama seminggu bibit durian tidak tersentuh air sedikitpun.....hadewww!!! Dasar dableg!

Saya pribadi wakti kecil ketika bapak saya masih punya banyak kebun buah, berkali kali mengalami kedahsyatan hempasan human error ini. Berganti-ganti karyawan dan saya sekarang pun paham mana orang yang serius merawat dan tidak. Mungkin Anda marah bila saya katakan bahwa banyak orang yang tanpaknya baik ternyata menjadi pembunuh TERKEJAM untuk bibit maupun tanaman buah bapak saya. Saya sampai menitikkan air mata kalau ingat itu. Bahkan sejarah pun berulang kepada saya.....saya membuka kebun buah maupun pembibitan buah, selalu saja human error menjadi peristiwa yang menyesakkan dada. Karena menyaksikan kekejaman pembantaian yang mereka lakukan. Sedih saya...bener-bener sedih!

Sebagian besar mereka tidak menyadari apa yang mereka lakukan. Sebab bibit buah saya banyak yang merupakan koleksi yang sulit didapat, atau sudah saya pelihara lama sekali. Eh mereka satu persatu mati, dan lucunya mereka kayak orang lugu, nggak merasa berdosa. Maaf, saya baru tahu kekejaman itu setelah mereka keluar. Yang paling menyedihkan adalah kebohongan bahwa banyak tugas yang harus mereka lakukan tetapi mereka tidak lakukan....atau mereka lakukan asal-asalan tidak sesuai standar baku, sebab sulit sekali kita memeriksa secara visual saking banyaknya bibit atau luasan lahan yang sangat luas. Yang paling menonjol banget adalah tidak menyiram bibit-bibit durian lemah yang ada di lapangan ataupun di pot. Ini tidak terdeteksi dalam waktu pendek, tanaman tampak hidup tapi kurang sehat. Setelah lama baru kelihatan tanaman  di serang hama penyakit, terutama rayap karena akar mengering. Seharusnya kita marah kalau sudah sampai tahapan ini, namun sekali lagi kita dikelabui mereka......bahwa penyebab semua itu adalah seranga HAMA PENYAKIT di kebun yang tak terelakkan! Penyebabnya adalah alam, apa kita bisa nyalahkan alam??
Rasanya MARAH saya kalau kita ingat itu semua.....mereka dibayar tapi malas. Malas yang tak bisa dimaafkan, kemalasan yang disengaja. Paraahhh!!!
Pesan saya, hati-hati sekali mengangkat karyawan meski maksud Anda baik.....menolong orang yang tak punya kerjaan. Baik itu saudara maupun teman. Periksa secara detail karakternya, siapa dia sesungguhnya. Kalau tidak ingin kebun durian Anda rusak parah!!!! Ok!


NB: Teman saya pernah kirim durian bongkaran yang sudah berbuah dan harganya jelas mahal banget di daerah Boyolali. Satu bulan kemudian dia dimaki-maki pembelinya karena durian bongkarannya mati. Ketika dia tanya saya, maka saya jawab itu hama human error!! Dia ketawa ngakak. Tapi kemudian terbukti saya benar 100%.




TERSEDIA Bibit "Vigor" durian-durian Super 085226947434

TERSEDIA Bibit "Vigor" durian-durian Super 085226947434

INSTAGRAMKU@BibitBuahImpian